Jalan-jalan Sambil Cari Artefak
Rabu, 26 Februari 2020
Laporan Kegiatan
A.
Identifikasi Artefak Etnomatematika
1 1. Situs etno : Candi Sojiwan
2 2. Kegiatan
: Rabu, 26 Februari 2020
3 3. Temuan
:
a) Pintu berbentuk persegi panjang
b) Jendela
berbentuk persegi panjang
c) Dinding
jendela berbentuk balok
d) Pagar Candi berbentuk balok
e) Susunan rumput berbentuk lingkaran
f) Atap candi berbentuk setengah bola
B.
Analisis Kompetensi Matematika dari Artefak
1 1. Pintu berbentuk persegi panjang
a. Kompetensi kelas 7 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
(3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4)Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
c. KD: Mengaitkan rumus keliling dan
luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
2 2. Jendela berbentuk persegi panjang
a. Kompetensi kelas 7 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
(3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
d. KD: Mengaitkan
rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga
3. Dinding Candi berbentuk balok
a. Kompetensi kelas 9 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
c. KD: Membedakan dan menentukan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4 4. Pagar Candi berbentuk balok
a. Kompetensi kelas 9 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
c. KD: Membedakan dan menentukan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
5. Susunan rumput berbentuk lingkaran
a. Kompetensi kelas 8 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
c. KD: Menjelaskan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
6. Atap candi berbentuk setengah bola
a. Kompetensi kelas 9 SMP
b. KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya. (2) Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
(4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
c. KD: 3.7. Menentukan luas selimut dan
volume tabung, kerucut, dan bola.
C. Tabel Hubungan antara Objek Artefak, Kompetensi Matematika, dan Sintaks Pembelajaran
Objek Artefak
|
Kompetensi Matematika
|
Sintaks
|
| (belum) | (belum) |
RME Saintifik
PjBL
1.
1. 1.
2.
2. 2.
3.
3. 3.
|
D.
Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
1.
RPP
2.
LKS
Komentar
Posting Komentar