Jalan-jalan Sambil Cari Artefak


Rabu, 26 Februari 2020
 
Laporan Kegiatan


A. Identifikasi Artefak Etnomatematika
           1. Situs etno  : Candi Sojiwan
2       2. Kegiatan  : Rabu, 26 Februari 2020
3       3. Temuan    :
a)    Pintu berbentuk persegi panjang
b)    Jendela berbentuk persegi panjang
c)    Dinding jendela berbentuk balok
d)    Pagar Candi berbentuk balok
e)    Susunan rumput berbentuk lingkaran
f)     Atap candi berbentuk setengah bola
B. Analisis Kompetensi Matematika dari Artefak
1      1. Pintu berbentuk persegi panjang
a.    Kompetensi kelas 7 SMP
b.    KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4)Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
c.    KD: Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
2       2. Jendela berbentuk persegi panjang
a.  Kompetensi kelas 7 SMP
b.  KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
d.    KD: Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
           3. Dinding Candi berbentuk balok
a.  Kompetensi kelas 9 SMP
b.  KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
c.   KD: Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4      4. Pagar Candi berbentuk balok
a.  Kompetensi kelas 9 SMP
b.  KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
c.   KD: Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
        5.  Susunan rumput berbentuk lingkaran
a.  Kompetensi kelas 8 SMP
b.  KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
c.   KD: Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
        6. Atap candi berbentuk setengah bola
a.  Kompetensi kelas 9 SMP
b.  KI: (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan asa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
c.   KD: 3.7. Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan  bola.

C. Tabel Hubungan antara Objek Artefak, Kompetensi Matematika, dan Sintaks Pembelajaran
Objek Artefak
Kompetensi Matematika
Sintaks
(belum) (belum)
RME     Saintifik   PjBL

1.          1.              1.

2.          2.              2.

3.          3.              3.

D. Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
    1. RPP
    2. LKS
E. Simulasi / Praktek Pembelajaran dalam Bentuk Peer Teaching



Komentar